Legislatif

Fadli Zon Mengaku Siap Jika Diberikan Mandat Kembali Pimpin DPR

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon. (Foto : Harits Tryan Akhmad/Okezone)

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon, mengaku siap jika nantinya diberikan mandat oleh partai untuk kembali duduk sebagai Wakil Ketua DPR-RI periode 2019-2024.

“Ya saya sih siap aja kalau dicalonkan lagi. Namanya tugas kan,” kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Fadli menjelaskan alasannya dirinya siap menjadi Wakil Ketua DPR. Itu karena ia masih “nyaman” dan merasa cocok untuk menyuarakan aspirasi rakyat kepada pemerintah.

Baca Juga: Fadli Curiga Ikrar DI/TII dan NII Cuma Akal-akalan Wiranto

“Saya sih lebih memilih di DPR-lah ya. Karena di DPR kita bisa lebih bebas menyuarakan suara rakyat lebih bebas dalam menyampaikan aspirasi rakyat kita juga bisa lebih kritis dan kekritisan itu juga penting bagi pemerintah, pemerintah manapun bahkan kalau Pak Prabowo kemarin jadi presiden pun penting ada suara kritis dari DPR,” ujar Fadli.

Meski demikian, Fadli mengatakan hingga saat ini belum ada mandat dari Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, terkait pimpinan DPR maupun MPR. Dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo apakah dia kembali diberikan kepercayaan untuk menempati jabatan tersebut.

Baca Juga: Fadli Zon Klaim Gerindra Pantas Duduki Kursi Pimpinan MPR

“Belumlah, Pak Prabowo yang memutuskan siapa. Ya nanti tergantung dari hasil ini lah ya saya kira itu bagian dari tugas sebagai pengurus di DPP dan sebagainya,” tutur Fadli.

Untuk diketahui, Gerindra dipastikan bakal menduduki kursi Wakil Ketua DPR RI. Hal itu sesuai dengan UU MD3 yang mengatur partai lima besar perolehan kursi DPR RI hasil pemilu mendapat jatah kursi pimpinan DPR RI.

Satu kursi ketua DPR RI diisi oleh PDI Perjuangan, sedangkan posisi wakil ketua diisi oleh Golkar, Gerindra, Nasdem, dan PKB.

Loading...