Pemilu, Pilpres

Amien Rais Dapat Bisikan, PAN Putuskan Jadi Oposisi

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais mengaku dapat bisikan langsung dari Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengenai langkah politik PAN lima tahun ke depan.

Amien menyebut, berdasarkan bisikan Zulkifli, memastikan PAN tak ada dalam kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin periode 2019-2024 mendatang.

Baca Juga: Jika PAN Gabung Jokowi, Amien Rais: Aib dan Hina di Hadapan Allah

“Tadi saya dibisiki oleh Bapak Ketum bahwa nanti PAN tidak ikut dalam kabinet yang akan datang,” kata Amien saat memberikan sambutan dalam acara peringatan milad ke-21 PAN yang digelar di Kolong Tol Pejagalan Pluit, Jalan Jembatan 3 Raya, Jakarta Utara, Jumat (23/8/2019).

Di hadapan kader PAN, mantan ketua MPR itu mengaku informasi yang disampaikan Zulkifli merupakan hal yang melegakan karena telah menjelaskan arah politik PAN lima tahun ke depan.

“Jelas dan melegakan,” kata Amien.

Namun, Amien memastikan sepanjang lima tahun nanti PAN akan tetap memberikan berbagai masukan dan kritik. Koreksi akan disampaikan PAN jika melihat perjalanan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf menyimpang.

“Insya Allah kita di luar akan memberi masukan, berikan kritik, koreksi kalau keliru tapi juga dorongan dan support kalau memang sudah jalannya benar,” kata Amien.

Baca Juga: PAN Klaim Dukung Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Tanpa Pamrih

PAN sebelumnya disebut bakal merapat ke koalisi pemerintahan periode kedua Jokowi.

Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan sebelumnya menyatakan kesiapan partainya untuk mendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Bara menilai jika Presiden menghendaki untuk memperluas koalisinya di pemerintahan, maka semua pihak harus menghormati lantaran itu hak prerogatif Presiden.

Acara peringatan milad ke-21 PAN itu dihadiri Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Ketua DPP PAN Yandri Susanto, Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay, dan Wali Kota Bogor sekaligus Ketua DPP PAN Bima Arya serta puluhan kader dan simpatisan PAN. Acara dipandu oleh Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio dan Komedian Betawi Sapri.

Dalam acara itu juga ada pembagian hadiah kepada masyarakat sekitar dan santunan kepada 21 orang dari berbagai profesi.

Loading...