Pemilu, Pilpres

PKB: Bangsa Indonesia Butuh Kritik Amien Rais

Amien Rais. (Foto: istimewa)

Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid mengapresiasi sikap Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais yang akan mengawasi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin memimpin bangsa lima tahun ke depan. Meski demikian, Jazilul tak ingin ada hinaan atau cacian terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

“Pak Amien kan seandainya mau ngawasin atau apa tentu kita menghargai saja. Karena posisinya Pak Amien tak dalam pemerintahan, boleh ngawasi. Tapi jangan menghina-hina, membenci, mencela-cela. Kritiknya yang membangun,” kata Jazilul di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Baca Juga: Tetap Jadi Oposisi, Amien Rais Beri Kesempatan Jokowi Pimpin 5 Tahun Lagi

Menurut Jazilul, sikap mantan ketua MPR tersebut adalah bukti kedewasaan politik yang bisa menjadi panutan masyarakat Indonesia.

“Mungkin ada kesadaran kembali dari Pak Amien. Saya yakin demokrasi memerlukan tokoh seperti Pak Amien Rais,” ucap Jazilul.

Jazilul mengakui bahwa Amien adalah salah satu tokoh politik senior yang memang dikenal kritikus terhadap jalannya pemerintahan Presiden Jokowi pada periode pertama.

Kritik yang konstruktif dari Amien sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia demi kebaikan dan kemajuan pembangunan nasional.

Baca Juga: Prabowo Temui Jokowi, Amien Rais: Kok Tiba-tiba Nyelonong?

“Tentu lebih produktif kalau Pak Amien memberikan kritiknya dengan cara yang membangun. Kalau kritiknya kasar, kasian Pak Amien sendiri,” ujar Jazilul.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais menyerukan untuk menjaga persatuan bangsa. Dia mengatakan akan mengawasi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam lima tahun ke depan.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengatakan agar semua pihak dapat memberikan kepercayaan kepada Jokowi dan Maruf beserta kabinetnya untuk memimpin Indonesia pada periode mendatang.

“Jadi saya sampaikan, teruskan merajut Merah-Putih, teruskan bangsa ini bersatu, jangan sampai pecah. Soal kekuasaan, berikan kepercayaan dan kesempatan yang utuh ke Jokowi dan Ma’ruf Amin dengan menterinya nanti, (selama) lima tahun,” kata Amien di kantor DPP PAN, Jalan Daksa, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019).

“Kita awasi dan itulah imbas demokrasi. Kalau itu (pembentukan koalisi pemerintahan) terjadi, kita enggak usah ada seperti gempa bumi,” tambah Amien.

Loading...