Legislatif

Dukung Putranya Maju Pilkada Solo, Ini Pesan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersilakan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka mengikuti Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo. Hal itu menyusul munculnya nama dua putra Jokowi dalam survei calon Wali Kota Solo periode 2020-2025.

“Silahkan, saya demokratis, yang penting di setiap jabatan atau karier apa pun harus tanggung jawab,” kata Jokowi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (28/7/2019).

Baca Juga: Gibran: Kalau Pendaftaran Pilkada Solo Dibuka, Kabari Saya

Sebagai orang tua, Jokowi mempersilakan anak-anaknya mengambil keputusan, termasuk ketika memilih berjualan martabak. Juga keputusan anak bungsunya, Kaesang Pangarep yang memutuskan berjualan pisang.

“Saya paksa untuk mengelola atau memegang pabrik, mereka juga tidak mau. Dipaksa-paksa kalau tidak mau gimana?” kata Jokowi.

Bagi Jokowi, hal yang terpenting dilakukan anak-anaknya adalah hidup mandiri dan bertanggung jawab. “Kemandirian dan tanggung jawab itu saja, kalau saya.”

Baca Juga: Kapitra: Pemerintah Wajib Pulangkan Habib Rizieq

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Solo itu mengatakan, saat ini memang anak-anak muda yang memegang peran karena dunia yang berubah sangat cepat.

“Hal ini yang merespons dengan cepat adalah anak muda. Hal ini semua negara sama lagi tren, termasuk Indonesia seperti itu,” kata Jokowi.

Sebelumnya, putra sulung dan bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk ke dalam bursa calon Wali Kota Solo, pada Pilkada 2020 mendatang.

Berdasarkan hasil survei Lembaga Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, kakak beradik tersebut masuk dalam deretan tokoh populer di Kota Bengawan.

Baca Juga: Rekor Jokowi 5 Kali Menang Berturut-turut di Pemilu Sejak Pilkada Solo 2005

“Survei ini kami lakukan dengan menggunakan teknik cuplikan random sampling. Ada 96 titik lokasi dengan 8 responden di masing-masing titik. Total ada 766 responden yang kami uji sampel dengan margin eror 4 persen,” ujar Ketua Laboratorium Kebijakan Unisri Solo, Suwardi, Kamis (26/7/2019).

Suwardi menjelaskan, ada 3 kategori materi uji. Yakni popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas. Berdasarkan hasil uji popularitas, 90 di antaranya 766 responden mengenai Gibran.

Sementara untuk Kaesang, 83 persen responden juga mengenal pengusaha pisang itu.

Loading...