Hukum

Bikin Habib Rizieq Overstay, FPI Minta Pemerintah Tanggung Jawab

Rizieq Shihab. (REUTERS/Beawiharta)

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dinyatakan overstay tinggal di Mekkah, Arab Saudi. Akibatnya, denda ratusan juta pun harus dibayar Habib Rizieq jika ingin kembali ke tanah air.

Menurut ketua Umum FPI Ustaz Ahmad Sobri Lubis, pembayaran denda tersebut seharusnya dilunasi oleh pemerintah. Lantaran kejadian ini terjadi karena pemerintah telah melakukan pencekalan sejak dua tahun kepada Habib Rizieq.

Baca Juga: Rizieq Shihab Minta BPN Desak KPU Hentikan Real Count

“Dia (Habib Rizieq) di saat sudah dicekal tetap usahakan keluar (dari Arab) dengan datang ke instansi-instansi terkait menanyakan apa sebab dicekal. Semuanya nggak bisa jawab,” ucapnya kepada wartawan, Rabu (10/7) malam.

Lanjutnya, ia berkesimpulan bahwa pencekalan Rizieq merupakan pesanan.

“Sampai visanya habis, sampai overstay,” terang Sobri.

Menurutnya, jika kekinian Rizieq dikenakan denda akibat overstay di Arab Saudi, maka pemerintah Indonesia lah yang harus membayar denda tersebut.

Baca Juga: MK Tolak Seluruh Gugatan Prabowo-Sandi

Sebab, pemerintah Indonesia lah yang telah mencekal kepulangan Rizieq hingga visa izin tinggalnya habis dan terkena denda overstay di Arab Saudi.

“Siapa yang bikin dia overstay? Nah kalau overstay itu adalah permintaan dari pemerintah Indonesia, elu (kamu) bayar! Elu yang bikin sengsara orang kok, orang yang disuruh bayar,” tegasnya.

Namun, ia menegaskan pernyataan ini bukan berarti Rizieq tidak mampu membayar denda. Melainkan Rizieq enggan membayar karena ada pertimbangan moral.

“Orang suruh bayar denda seakan-akan bersalah. Padahal pemerintah yang mau dia (Habib Rizieq) dicekal sampai overstay,” tukasnya.

Baca Juga: Hendropriyono: People Power Cuma Provokasi Kosong

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel menyatakan bahwa halangan Rizieq pulang ke Tanah Air adalah karena harus membayar denda karena (overstay) izin tinggalnya sudah habis.

Maftuh menerangkan, Rizieq terbebani denda sebesar Rp 110 juta karena telah (overstay) tinggal melebihi izin di Arab Saudi.

“Ya bayar denda overstay. Satu orang Rp 110 juta,” kata Maftuh.

Loading...