Hukum

Penuhi Panggilan Polisi, Amien Rais ke Polda Metro Bawa Buku “Jokowi People Power”

Amien Rais memenuhi panggilan kedua penyidik Polda Metro Jaya, Jumat (24/5/2019). (Foto: Kompas/Rindi Nuris V)

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya, Jumat (24/5/2019), untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan makar dengan tersangka Eggi Sudjana.

Amien Rais tiba di gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Jakarta, sekira pukul 10.27 WIB. Politikus berusia 75 tahun itu tampak ditemani sekitar 5 orang.

Amien enggan menanggapi pertanyaan dari awak media. Namun dia berjanji akan memberikan keterangan secara lengkap seusai pemeriksaan.

Menjelang salat jumat, Amien keluar dari ruang penyidikan. Dalam kesempatan itu, Amien memamerkan buku yang dibawanya, berjudul “Jokowi People Power”.

“Saya membawa buku people power,” ujar Amien kepada awak media seraya memperlihatkan buku tersebut.

Ini adalah panggilan kedua Amien setelah pada panggilan pertama ia mangkir. Mantan Ketua Umum Muhammadiyah itu akan dimintai informasi terkait pernyataan people power yang disampaikan tersangka Eggi Sudjana.

Selain Amien, dalam kasus ini penyidik juga telah meminta keterangan dua saksi untuk kasus makar Eggi, yakni mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Mayjen (Purn) Kivlan Zen dan politikus Partai Gerindra Permadi Satrio Wiwoho.

Eggi Sudjana sendiri saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka dugaan makar. Eggi menjadi tersangka makar setelah mengucapkan ‘people power’ di depan rumah Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, 17 April 2019.

Eggi ditahan di Polda Metro Jaya sejak Selasa (14/5/2019) pagi. Penahanan dilakukan setelah polisi memanggilnya sebagai tersangka dan menangkapnya di Polda Metro Jaya seusai pemeriksaan pada Senin (13/5/2019) malam.

Eggi dijerat Pasal 107 KUHP dan/atau Pasal 110 KUHP jo Pasal 87 KUHP dan/atau Pasal 14 Ayat 1 dan Ayat 2 dan/atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Loading...