Pemilu, Pilpres

Amien Rais: Kalau Ada Kecurangan Sistemik, Kita Perang Politik

Amien Rais
Amien Rais bersama Forum Umat Islam (FUI) menggelar aksi di depan kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019). (Foto: detikcom)

Amien Rais mengingatkan ke KPU agar pemilihan presiden 2019 bisa berlangsung jujur dan transparan. Anggota Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu mengatakan, jangan salahkan jika nantinya ada perang politik apabila terbukti terdapat kecurangan.

“Kita punya niat yang sangat baik, kalau Pemilu itu nanti itu betul-betul transparan, jujur, adil, maka siapa pun yang menang dan kalah akan terima. Tapi kalau gejala-gejalanya, maaf, kita juga ada tim IT yang luar biasa,” kata Amien saat bertemu perwakilan KPU di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

Baca: Amien Rais Dinilai Sedang Lakukan Intimidasi Politik Terhadap KPU

Menurut Amien, perang politik tersebut bukan perang total seperti yang diucapkan Kepala Staf Kepresiden Moeldoko. Perang politik di sini menurut Amien adalah kebenaran harus ditegakkan.

“Kalau sampai terbukti nanti ada kecurangan yang sistematik, kemudian masif, terukur, maka jangan pernah menyalahkan kalau kita akan melakukan aksi-aksi politik, bukan perang total ala Moeldoko, bukan, tapi kita perang politik, mengawasi demokrasi bahwa kebenaran harus ditegakkan,” ucapnya.

Ketua Dewan Kehormatan PAN itu pun meminta KPU sebagai penyelenggara pemilu berlaku jujur.

“Jadi itu kalau KPU bagus, jujur, kita doakan mudah-mudahan dapat hidayah, rahmat, dimuliakan Allah dunia-akhirat. Tetapi kalau KPU sampai curang, kita doakan dapat laknat hidupnya sengsara dunia dan akhirat,” pungkasnya.

Baca juga: Amien Rais Bersama Massa FUI: Kalau KPU-Bawaslu Curang, Kita Buat Perhitungan

Loading...