Pemilu, Pilpres

Amien Rais Bersama Massa FUI: Kalau KPU-Bawaslu Curang, Kita Buat Perhitungan

Amien Rais orasi di aksi FUI depan KPU (Foto: Arief Ikhsanudin-detikcom)

Massa Forum Umat Islam (FUI) menggelar aksi demonstrasi di depan kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019) siang. Tampak politikus senior Amien Rais ikut dalam aksi tersebut.

Tokoh dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu tiba sekitar pukul 14.25 WIB dan langsung disambut massa dengan teriakan takbir.

Sejumlah peserta aksi tampak mengajaknya berfoto dan bersalaman.

Tak lama setelah itu Amien Rais diajak naik ke atas mobil komando.

Sementara di atas mobil komando sudah ada sekitar 10 orang dari FUI. Mereka mengenakan baju putih-putih.

“Saudara sekalian, hadir di tengah-tengah kita, guru besar kita, Bapak Drs H Amien Rais,” kata orator.

“Aksi ini aksi damai, untuk mengingatkan kepada KPU agar Pemilu 2019 tidak ada kecurangan-kecurangan,” lanjut orator.

Lewat pengeras suara, Amien Rais menyerukan kepada massa untuk mengawal KPU agar tidak terjadi kecurangan dalam Pemilu 2019.

“Kalau KPU-Bawaslu jujur, tidak curang, mudah-mudahan dimuliakan Allah. Kalau curang dan terbukti kita buat perhitungan,” kata Amien di atas mobil komando.

Tidak banyak Amien sampaikan selama berorasi karena terganggu mik yang bermasalah. Mik yang berdenging membuat Amien Rais sesekali menghentikan ceramahnya.

“Saudaraku, kalau teman-teman KPU-Bawaslu pusat, daerah kerja jujur, tidak curang kita doakan mendapat barokah rahmat dan hidayah dari Allah. Kita doakan semoga…(mik berdenging, red),” kata Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga ini.

Tidak sampai 5 menit, Amien kemudian menghentikan orasinya. Dia lalu memimpin doa sambil menutup orasinya.

Selain Amien Rais, aksi FUI ini juga dihadiri oleh mantan Ketum PA 212 Idrus Sambo, Sekretaris PA 212 Bernard Abdul Jabbar, KH Abdul Rasyid Abdullah Syafie’ie. Ada sekitar ratusan orang yang ikut aksi di depan KPU.

Aksi diisi dengan orasi. Sesekali massa meneriakan takbir dan bersalawat.

Setelah bicara singkat di atas mobil komando, Amien masuk ke dalam kantor KPU untuk beraudiensi dengan KPU.

Amien masuk ke dalam gedung KPU sekitar pukul 15.10 WIB dengan didampingi perwakilan massa FUI seperti Idrus Sambo, Bernard Abdul Jabbar, Eggy Sudjana, Al Khaththath dan yang lainnya.

Audiensi ditunda sejenak dan akan dilanjutkan setelah salat asar. Pihak KPU sendiri akan diwakili komisioner Wahyu Setiawan.

Amien Rais

Amien Rais bersama perwakilan massa FUI beraudiensi dengan KPU (Foto: Yulida Medistiara/detikcom)

Sebelum masuk ke dalam, massa sempat membacakan sumpah. Sumpah tersebut berisikan lima poin yang intinya menginginkan terciptanya pemilu bersih, jurdil, tanpa kecurangan.

Ketua KPU Arief Hidayat juga sebelumnya mengatakan akan menerima aspirasi yang nantinya akan disampaikan. Arief meminta massa aksi dapat bijak menggunakan haknya dalam bersuara. Dan diharapkan dapat memahami tugas yang tengah dilakukan KPU.

“Setiap orang kelompok organisasi boleh menyuarakan aspirasinya ya, mau disuarakan di KPU, di mana pun nggak apa-apa. KPU tentu akan melayani menerima aspirasi mereka,” ujar Arief di kantor KPU, Kamis (28/2).

“Tapi kami juga tentu berharap mereka bisa bijak dalam menggunakan hak-hak mereka, kemudian juga tanggung jawab dalam menggunakan hak itu. Mereka juga bisa memahami KPU harus melakukan apa, bisa melakukan apa, kemudian siapa yang bisa melakukan itu,” imbuhnya.

Akibat dari aksi FUI ini, Jalan Imam Bonjol di depan KPU ditutup.

Loading...