Pemilu, Pilpres

Salat Jumat di Masjid Kauman, Prabowo Tempati Saf Paling Depan

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto (keenam dari kanan), bersila di shaf pertama sebelum berlangsungnya Salat Jumat di Masjid Kauman Semarang, Jumat (15/02/2019) - ist

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto akhirnya menunaikan Salat Jumat di Masjid Agung Semarang (Masjid Kauman), Jawa Tengah, hari ini, Jumat, 15 Februari 2019. Ia tiba di kompleks masjid yang akrab dengan nama Masjid Kauman tersebut pada pukul 11.50 WIB.

Datang mengenakan setelan baju koko warna putih dan peci warna hitam, Prabowo tidak disambut secara khusus. Ia hanya ditemani beberapa orang yang mendampingi. Salah satunya, Direktur Materi Debat BPN, Sudirman Said.

BACA JUGA: Nusron Wahid: Baru Pertama Kali Ada Ajakan Salat Jumat Pakai Pamflet

Prabowo tak masuk lewat pintu utama masjid. Ia memilih memasuki area masjid melalui pintu samping.

Di dalam masjid, kedatangan Prabowo pun disambut antusias jemaah. Tak sedikit warga yang berdiri untuk mengabadikan atau sekadar melihat capres nomor urut 02 itu.

Mulanya Ketua umum Partai Gerindra itu memilih berbaur dengan warga dengan duduk di saf tengah. Barisan tersebut yang kebetulan masih kosong. Namun beberapa saat kemudian, Prabowo diminta oleh sejumlah jemaah untuk pindah di saf paling depan. Letaknya cukup dekat dengan mimbar khotbah dan belakang imam. Prabowo pun setuju.

BACA JUGA: Fahri Curiga Ada Intervensi di Balik Prabowo Dilarang Salat Jumat di Masjid Kauman

Sementara suasana di depan masjid terlihat cukup kondusif. Sejumlah personel kepolisian tampak berjaga-jaga. Namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Saat ini Salat Jumat di Masjid Kauman masih berlangsung. Bertindak sebagai khatib yakni H Abdul Hakim dengan imam salat KH Ahmad Najib Nur.

Sebelumnya, rencana Prabowo salat di Masjid Agung Semarang ini sempat menuai polemik. Polemik tersebut karena adanya pamflet dan spanduk untuk salat bareng Ketum Partai Gerindra itu yang kemudian menimbulkan kekhawatiran dari takmir masjid akan adanya politisasi ibadah dan tempat ibadah.

BACA JUGA: Takmir Masjid Kauman Semarang Curiga Prabowo Mau Politisasi Ibadah Salat Jumat

Namun hal itu kemudian dibantah oleh BPN Prabowo-Sandiaga. Mereka menegaskan tak pernah mencetak pamflet dan kegiatan salat Jumat Prabowo murni untuk ibadah.

Loading...