Pemilu, Pilpres

Kampanye Prabowo di Yogya Diwarnai Kericuhan, Polisi Lepas Tembakan Peringatan

Polisi saat menghalau massa yang ricuh. (Foto: Istimewa)

Kunjungan Prabowo Subianto di Sleman Yogyakarta sempat diwarnai kericuhan. Kepolisian sampai harus mengeluarkan tembakan peringatan beberapa kali.

Kericuhan terjadi di luar gedung Grand Pasifik Hall Jalan Magelang, Sleman Yogyakarta tempat berlangsungnya acara “Prabowo Menyapa Masyarakat dan Purnawirawan TNI-Polri Jateng-DIY” Rabu (27/2/2019).

Menurut kesaksian seorang warga yang berada di lokasi kejadian, kerusuhan bermula saat salah seorang membentangkan spanduk Jokowi-Ma’ruf pada konvoi pendukung Prabowo.

“Pas konvoi ada dua orang yang membentangkan spanduk Jokowi-Ma’ruf. Ada yang enggak terima terus dikejar,” katanya, seperti dikutip Tirto.id.

Video kejadian tersebut beredar di media sosial. Tampak dua orang polisi bersenjata bersiaga dari atas mobil bak terbuka.

Di antaranya mencoba untuk menenangkan massa dengan beberapa kali mengeluarkan tembakan peringatan ke udara.

Kapolres Sleman, AKBP Rizki Ferdiansyah, kepada Tirto.id membenarkan adanya kericuhan tersebut. Namun, kata dia, hal itu bisa segera diatasi.

Rizki juga membenarkan adanya tembakan peringatan yang dikeluarkan polisi. Menurutnya hal tersebut terpaksa dilakukan agar kericuhan tidak membesar.

“(Tembakan peringatan) itu menghalau agar tidak sampai ada gesekan,” kata Rizki.

Polisi lepas tembakan peringatan saat terjadi kericuhan di luar gedung Grand Pasifik Hall Jalan Magelang, Sleman Yogyakarta tempat berlangsungnya acara “Prabowo Menyapa Masyarakat dan Purnawirawan TNI-Polri Jateng-DIY” Rabu (27/2/2019). (Foto: Istimewa)

Saat ini polisi masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kericuhan. Tdak ada pihak yang diamankan Atas kejadian itu.

“Iya sempat ada kericuhan tapi bukan masalah, tidak ada yang diamankan,” ujar Rizki.

Kedatangan Prabowo di Yogyakarta disambut ribuan pendukungnya. Sejumlah massa pendukungnya bahkan melakukan pawai di jalan-jalan utama Yogyakarta untuk menyambut kedatangan calon presiden nomor urut 02.

Loading...