Pemilu, Pilpres

Jokowi Sindir Penerima Konsesi Besar: Jika Ada yang Mau Kembalikan ke Negara, Saya Tunggu Sekarang

Jokowi saat menyampaikan pidato pada acara Konvensi Rakyat di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2/2019). (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) berbicara soal komitmen pemerintah memberikan konsesi (pemberian hak izin tanah oleh pemerintah) untuk masyarakat kecil. Jokowi menyinggung penerima konsesi besar dan dia menunggu si pemilik mengembalikannya ke negara.

Awalnya Jokowi memaparkan soal pembagian sertifikat tanah untuk membantu rakyat. Jokowi lantas menyinggung program perhutanan sosial dan jutaan hektare tanah yang telah diterbitkan konsesi untuk rakyat.

“Pemerintah juga melaksanakan program perhutanan sosial, kita telah membagikan konsesi untuk masyarakat di sekitar hutan sudah kita bagikan 2,6 juta hektare, dari 12,7 juta hektare yang sudah kami persiapkan tapi belum dibagi. Ini konsesi tanah untuk rakyat. Konsesi tanah untuk rakyat kecil,” kata Jokowi saat Pidato Kebangsaan Jokowi di Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2/2019) malam.

Jokowi lalu menyindir penerima konsesi besar. Dia menunggu sang penerima mengembalikannya ke negara.

“Nah, nah, nah, jika ada penerima konsesi besar yang mau mengembalikan ke negara…,” kata Jokowi. Ucapan Jokowi terhenti sejenak lantaran riuh massa yang hadir.

“Saya ulang, saya ulang. Jadi, kalau ada yang ingin mengembalikan konsesinya kepada negara…,” ucap Jokowi. Lagi-lagi perkataan Jokowi terhenti karena riuh pendukungnya.

“Saya ulang, jadi, jadi kalau ada konsesi besar yang ingin dikembalikan ke negara, saya tunggu. Saya tunggu, saya tunggu sekarang. Dan akan, dan akan saya bagikan untuk rakyat kecil. Karena masih banyak rakyat yang membutuhkan,” ucap Jokowi.

Loading...