Legislatif

Ingin Bertemu Ahok, Haji Lulung: Saya Sama Dia Bersahabat

Abraham Lunggana alias Haji Lulung. (Foto: Istimewa)

Jurnalpolitik.id – Mantan Wakil Ketua DPRD Jakarta Abraham Lungga alias Haji Lulung menilai mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah menjalani hukuman 2 tahun penjara dengan baik. Lulung berharap Ahok dalam keadaan yang sehat setelah bebas dari Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (24/1/2019) pagi.
“Bersyukur sama Tuhan, Ahok sudah menjalankan hukumannya dengan baik. Dapat potongan remisi sesuai dengan aturan, semoga sehat,” ujar Lulung.

Caleg DPR RI dapil DKI Jakarta 3 dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga berharap Ahok bisa menjalankan aktivitas seperti biasa dan lebih berhati-hati dalam bicara.
BACA JUGAGerindra: Mudah-mudahan Ahok Tak Gaduh Lagi

“Saya juga mengharap kembali beraktivitas seperti biasa. Kemudian lebih kepada hati-hati bicara lah, instropeksi,” kata Lulung.

Saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, kerap terjadi perbedaan pendapat maupun pandangan antara Ahok dan Lulung. Puncak konflik keduanya adalah soal kasus korupsi pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS).
Saat itu, Ahok sempat menuding Lulung terlibat dalam korupsi itu lantaran menjabat koordinator Komisi E yang merupakan komisi yang mengurus pendidikan.

Lulung memutuskan untuk tak mendukung Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2017. Padahal, PPP mengarahkan dukungan ke pasangan Ahok-Djarot. Lulung pun diberhentikan oleh Djan Faridz karena hal itu.

Meski begitu, Lulung mengaku menganggap Ahok sebagai seorang sahabat. Pasalnya, perseteruan yang dulu kerap terjadi hanya berkaitan dengan kebijakan di lingkungan Pemprov DKI saja.

“Itu kontroversi di media dan kebijakan kan wajar, tapi sebagai manusia, kita bersahabat, pribadinya enggak ada apa-apa saya sama Ahok,” tuturnya.

BACA JUGAAhok Bebas, Anies: Selamat, Kami Siap Melayaninya

Bahkan, jika nantinya diundang ke pernikahan Ahok, Lulung menyebut akan menghadirinya. Ahok diisukan bakal menikah di tahun ini.
“Pasti datang, pasti, kalau saya enggak ada halangan pasti datang,” ujar Lulung.
Ahok telah resmi mengirup udara bebas setelah menjalani kurungan di rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok Kamis pagi. Ahok bebas murni setelah menjalani hidup di balik jeruji selama dua tahun, dipotong remisi 3 bulan 15 hari atas kasus penistaan agama.
Kasus penodaan agama yang menimpa Ahok dipicu ucapan Ahok saat melakukan kerja sebagai Gubernur DKI yang menyinggung soal Surat Al Maidah ayat 51 di Pulau Pramuka.

Loading...