Pemerintahan, Uncategorized

Rizal Ramli: Selama 2 Tahun Terakhir Kehidupan Rakyat Tidak Lebih Baik

Jurnalpolitik.id – Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman kabinet kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rizal Ramli, mengaku telah berkeliling Indonesia selama tiga bulan untuk menyerap aspirasi rakyat.

Dalam kunjungannya tersebut, Rizal selalu menanyakan dua hal, yakni mengenai kondisi ekonomi dan harapan masyarakat pada Pilpres 2019.

“Saya selalu ajukan dua pertanyaan sederhana. Apakah selama dua tahun terakhir rakyat hidup lebih baik apa tidak? Mereka mayoritas katakan tidak. Kira-kira dalam dua tahun yang akan datang rakyat akan lebih baik atau tidak? Jawabannya tidak,” kata Rizal saat bertemu Koordinator Tim Pemenangan Pemilihan Presiden 2019 Partai Gerindra, Sandiaga Uno dan M Taufik, di Balai Kota DKI, Jumat (20/4/2018).

“Saya katakan kalau jawabannya iya, Pak Jokowi harus diberikan kesempatan sekali lagi. Tapi ternyata jawabannya rata-rata tidak yakin bahwa kehidupannya akan lebih baik dua tahun lagi, tidak yakin lebih baik tujuh tahun lagi. Sehingga itulah kenapa kami perlu bicara dengan ketua pemenangan Gerindra dan Pak Taufik supaya kami bisa explore apa yang bisa kami lakukan,” lanjutnya.

Menangapi hal itu, Sandiaga mengatakan, apa yang disampaikan Rizal sejalan dengan platform ekonomi Partai Gerindra.

“Karena kami juga merasakan yang sama, tanpa kami berdiskusi sebelumnya. Pertanyaan yg selalu saya dapat dari masyarakat adalah, pertama mereka hidupnya semakin berat. Daya belinya semakin turun, harga-harga meningkat, lapangan kerja susah didapat, dan ini yang sama diungkapkan sama Pak Rizal Ramli,” kata Sandi.

Dalam pertemuan itu, Rizal Ramli sempat mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon wakil presiden dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Meski belum jelas apakah akan didukung atau tidak oleh Gerindra, namun, menurut Rizal, segala kemungkinan masih terbuka.

“Politik itu kan semuanya bisa terjadi. Yang penting kami hubungan batin, emosional baik dengan siapa saja. Seperti tokoh-tokoh bangsa kita, baik lho antara mereka,” kata Rizal.

Terkait pendeklarasian ini, Sandiaga mengaku pihaknya belum bisa menentukan. Menurutnya, tim masih mencari sosok yang tepat untuk didukung oleh partai.

“Kami sama-sama ingin menyatukan satu kesepakatan dalam platform dengan percepatan pembangunan, dengan pemerintahan yang lebih baik lagi,” ucap Sandi.

Loading...