Hukum

Kritik Pedas Amien Rais soal Pencabutan Moratorium: Reklamasi untuk Aseng!

Amien Rais
Amien Rais

Pemerintah telah resmi mencabut moratorium (pencabutan penghentian sementara) pembangunan 17 pulau reklamasi di Teluk Jakarta. Sebagaimana dinyatakan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin (9/10).

Tokoh reformasi Amien Rais pun mengkritik kebijakan tersebut. Ia menilai, pencabutan moratorium hanya untuk kepentingan orang asing.

“Saya ini orang awam tapi saya tahu reklamasi Jakarta sepenuhnya untuk kepentingan orang luar Indonesia. Itu untuk aseng, terutama, dan beberapa asing ya,” ujar Amien di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/10/2017).

“Bukan untuk Sutono dan orang seperti saya ini yang tidak mungkin beli apartemen atau pertokoan atau perhotelan di Teluk Jakarta itu,” imbuhnya.

Amien menuding proyek reklamasi Teluk Jakarta sama sekali bukan untuk kepentingan nasional. Itu merupakan strategi negara China untuk menguasai Indonesia.

“Jadi kalau saya menafsirkan China itu, Xi Jinping ini punya strategi, yaitu OBOR; one belt one road. One belt itu jalan darat sutra dari Beijing terus ke barat melalui 14 provinsi, China, Uzbekistan, Kirgizstan, Kazakhstan, sampai ke Turki, kemudian ke Rotterdam,” ujar Amien.

One road, yaitu jalan sutra lautan dari Beijing, Laut Timur China, Laut Selatan China, Selat Malaka, Selat Sunda, Samudra Hindia, ke Angola sampai ke Mesir, nerobos Suez, Turki, Rotterdam. Jelas sekali kalau saya reklamasi ini subordinat untuk memfasilitasi kepentingan jalan sutra Laut China itu. Ini jelas bukan untuk kita,” jelasnya.

Sebelumnya, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa pencabutan moratorium itu dilakukan sejak Kamis (5/10).

“Saya sudah tanda tangani (pencabutan moratorium) pada hari Kamis karena semua ketentuan yang berlaku dari semua kementerian dan lembaga yang terlibat itu tidak ada masalah,” kata Luhut di kantor Kemenko Kemaritiman, Senin (9/10).

Luhut mengaku telah mengirimkan surat itu kepada Pemprov DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat disebut Luhut menyampaikan ucapan terima kasih.

“Kan sudah saya kirimkan, Pak Gubernur bilang makasih,” sebut Luhut.

 

Artikel Lain