Pemerintahan

Amien Rais: Indonesia Makin Tidak Masuk Akal, Mengerikan

Amien Rais
Amien Rais. (Foto: CNN Indonesia)

Mantan Ketua MPR RI, Amien Rais, menilai Indonesia belum bisa lepas dari penjajahan ekonomi asing. Hal itu, menurut Amien, terlihat dalam kebijakan pemerintah terkait perpanjangan kontrak Freeport McMoran.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyatakan, semakin lama negara ini makin terlepas dari pondasi kedaulatan politik, ekonomi, hukum dan lainnya.

“Jadi, saya melihat ada hal-hal yang sesungguhnya tidak masuk akal tapi terjadi,” ujar Amien di gedung DPR, Jakarta, Selasa (10/10).

Amien mengatakan, sebenarnya tidak masalah seandainya Indonesia tidak memperpanjang kontrak dengan Freeport. Sebab, kata dia, tidak ada satu pun aturan yang dilanggar Indonesia jika tak memperpanjang kontrak karya dengan Freeport.

“Misalnya Freeport McMoran, andaikata tidak diperpanjang, tidak menyalahi satu pasal pun dalam undang-undang, maupun hukum perjanjian internasional,” ujar dia.

Amien juga menyesalkan wacana mengambil alih Freeport menjadi milik negara, bagian integral kekuasaan ekonomi malah dilepaskan. Justru, sesal dia, Indonesia malah mau memperpanjang kembali kontrak karya.

“Sebanyak 51 persen katanya kita dapat saham, tapi masih belum jelas. Jadi, ini contoh yang mengerikan. Kapan Indonesia bebas dari penjajahan ekonomi asing,” tuturnya.

 

Artikel Lain