Pemerintahan

Sindir Jokowi Sering Tanya Nama Ikan, Fadli Zon: Tanya Kondisi Rakyat dong!

fadli zon
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/9/2016)

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon mengkiritik pemerintah soal kebijakan ekonomi yang dinilai belum berhasil meningkatkan daya beli masyarakat.

Ia mengaku kerap berdiskusi dengan masyarakat di setiap kunjungannya ke daerah. Semuanya, kata Fadli, sepakat bahwa bahwa ekonomi saat ini makin susah.

Ia pun mengaku heran terhadap Presiden Joko Widodo yang justru menuding turunnya daya beli masyarakat sebagai isu yang diciptakan lawan politik untuk Pilpres 2019. Padahal, menurut Fadli, Jokowi pun sering melakukan kunjungan ke berbagai daerah dan berinteraksi dengan masyarakat.

Fadli menilai, ketidaktahuan Jokowi ini dikarenakan ia tidak pernah bertanya langsung ke masyarakat yang ditemui mengenai kondisi perekonomian mereka.

“Pak Jokowi harusnya jangan hanya tanya nama ikan, bagi-bagi sepeda, tapi tanya juga dong bagaimana kondisi ekonomi mereka,” ujar Fadli kepada Kompas.com, Rabu (4/10/2017).

“Tanya dong, ‘bagaimana, Bapak, Ibu, hidup sekarang makin enak kan?’ atau ‘bagaimana, cari pekerjaan makin gampang kan?’ Kalau itu dilakukan, baru saya angkat jempol,” ucap Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Fadli yakin, sebagian besar masyarakat akan menjawab bahwa kondisi perekonomian kini makin sulit. Hal ini, menurut dia Fadli, lantaran adanya kenaikan harga listrik, bahan bakar minyak, dan sejumlah objek pajak serta sembako.

Fadli pun berharap Jokowi mau mengoreksi kebijakan-kebijakannya, bukan malah mencari kambing hitam.

“Ini masalah ekonomi rakyat, bukan masalah politik,” ucapnya.

Sebelumnya Jokowi menuding isu soal turunnya daya beli masyarakat sengaja diciptakan oleh lawan politik untuk menghambat elektabilitasnya pada Pemilu Presiden 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam pidato peresmian penutupan Rapat Koordinasi Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Tahun 2017 di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Selasa (3/10/2017) sore.

“Isunya hanya daya beli turun. Saya liatin siapa yang ngomong, (orang) politik oh enggak apa-apa,” kata Jokowi, diikuti tawa para anggota Kadin yang hadir.

“Kalau pengusaha murni saya ajak ngomong. Kalau orang politik kan memang tugasnya itu, membuat isu-isu untuk 2019. Sudah kita blakblakan saja,” ujar dia.

Jokowi kemudian memaparkan sejumlah data yang membuktikan bahwa daya beli masyarakat tidak menurun. Menurut Jokowi, yang terjadi adalah peralihan pembelian dari offline ke online.

 

Artikel Lain