Hankam

Gatot Nurmantyo: Orang Sudah Gila Kalau Ajak Saya Makar

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (Istimewa/Puspen TNI)

Jurnalpolitik.com – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo kembali menegaskan bahwa tak ada sedikit pun terpikir untuk melakukan makar terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo sebagaimana yang disebut dalam sebuah pemberitaan.

Kalaupun memang ada upaya makar, Gatot mengatakan gerakan tersebut tidak ada kaitannya sama sekali dengan dirinya.

Penegasan itu Gatot sampaikan dalam program talkshow “Rosi” yang ditayangkan langsung oleh Kompas TV, Kamis (4/5/2017) malam.

Awalnya, pemimpin Redaksi Kompas TV Rosiana Silalahi bertanya soal aksi unjuk demonstrasi yang diduga ditunggangi aksi penggulingan pemerintah, juga kabar soal rayuan terhadap Gatot untuk masuk ke ranah politik praktis.

Menjawab pertanyaan tersebut, Gatot tidak menampik bahwa ada pihak yang pernah berusaha untuk menggodanya masuk ke dunia politik.

“Kalau dirayu masuk partai ada, diajak pensiun sama-sama ada,” kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu.

Rosiana Silalahi kemudian berusaha masuk lebih dalam dengan bertanya apakah ada yang berusaha “menggoda” Gatot lebih dari sekedar terjun ke politik.

“‘Kalau sesuatu terjadi maka Anda pilihan kami’, pernah Anda digoda seperti itu?” tanya Rosi.

“Saya bukan dikatakan digoda ya, tapi yang dikatakan Profesor (Salim Said) tidak semudah itu. Apakah bisa 10 juta demo turunkan Presiden? Enggak bisa. Presiden dipilih secara konstitusi maka diturunkan secara konstitusi pula,” kata Gatot.

Menurut dia, sikapnya tersebut sudah sangat jelas.

“Jadi kalau orang sudah tahu sikap saya, enggak akan ajak saya. Percuma! Orang (sudah) gila, (kalau) ajak-ajak saya,” tegas Gatot.

Baca: Panglima TNI Anggap Remeh Isu Keterlibatan Dirinya dalam Persekongkolan Makar

Isu makar sebelumnya menyeruak menjelang aksi unjuk rasa 2 Desember 2016 lalu.

Kepolisian mencium adanya upaya penggulingan pemerintah yang sah dengan menunggangi aksi menuntut keadilan atas kasus penistaan agama yang menyebabkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai terdakwa.

Beberapa orang ditangkap atas dugaan rencana makar. Mereka di antaranya Sri Bintang Pamungkas, Rachmawati Soekarnoputri, Ratna Sarumpaet, Ahmad Dhani dll.

Sempat sedikit reda, isu makar tersebut memanas kembali ketika salah satu situs portal Indonesia mengangkat artikel hasil investigasi jurnalis Amerika Serikat Allan Nairn yang berisi soal upaya kudeta terhadap Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Artikel tersebut pertama kali dipublikasikan di media online AS, the Intercept. Artikel Allan kemudian dialihbahasakan ke bahasa Indonesia dan dimuat oleh media online Indonesia, Tirto.id.

Inti dari investigasi Allan tersebut adalah, ada usaha untuk menggulingkan pemerintahan sah Jokowi-JK oleh kekuatan politik asing yang berkomplot dengan kekuatan politik dalam negeri dan TNI.

Dalam tulisan tersebut Gatot disebut ikut andil dalam upaya makar terhadap Jokowi.

Baca selengkapnya di: TNI Bantah Artikel “Investigasi Allan Nairn: Ahok Hanyalah Dalih Untuk Makar” yang Dimuat Tirto.id

 

Artikel Lain