Pemerintahan

Dianggap Bodoh oleh Komisioner Komnas HAM, Balasan dari Menteri Susi Ini Bikin Decak Kagum Netizen

Menteri Susi

Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Natalius Pigai menyindir Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Sindiran tersebut terkait kebijakan penenggelaman kapal. Pigai menyebut siapapun bisa melakukannya, oleh orang bodoh sekalipun. Kalau sekadar menenggelamkan kapal, kata Pigai, orang kampung pun bisa asal diberi granat.

Selain itu, Pigai pun mengatakan bahwa pengelolaan sektor perikanan di bawah kepemimpinan Menteri Susi sangat buruk.

Diketahui, sudah lebih dari 300 kapal pencuri ikan yang sudah diledakkan oleh aparat di bawah kepemimpinan Susi. Kapal dengan berbagai ukuran dan dari berbagai negara termasuk Thailand, Malaysia, dan Tiongkok.

Walaupun memicu kontroversi, namun tidak bisa dipungkiri, kebijakan penenggelaman kapal asing telah membawa dampak positif. Menurut Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Eko Djalmo, akibat kebijakan keras Susi tersebut, jumlah tangkapan para nelayan lokal pun meningkat.

Menteri Susi balas sindiran Pigai

Awalnya seorang netizen di media sosial Twitter membagikan tautan artikel berisi pernyataan Natalius Pigai kepada Susi. Susi membalas dengan caranya sendiri yang bikin salut netizen.

Lewat akun Twitter, Susi menulis: “Saya tidak pernah mengklaim saya pintar. Jadi???”

Foto: twitter.com/susipudjiastuti

Selanjutnya Susi menuliskan: “Sejauh yang saya ingat, saya selalu menyebut bahwa saya seorang menteri dengan tingkat pendidikan terendah.”

Foto: twitter.com/susipudjiastuti

Atas jawaban cerdas itu pun netizen kemudian mengungkapkan kekagumannya kepada Susi.

Foto: twitter.com/2luspan

 

Foto: twitter.com/gustiansyah

 

Foto: twitter.com/andiirawa_N

“Anda mendapatkan dukungan saya, Bu Menteri. Anda telah melakukan pekerjaan hebat untuk  negara ini,” tulis akun @shotblank.

twitter.com/shotblank

“Tak bisa dijelaskan apa yang Indonesia bisa lakukan tanpa Anda! Tolong jadilah diri Anda sendiri dan jangan pedulikan mereka!” tulisakun @lianoos.

Terakhir, Menteri Susi menuliskan wejangan untuk dirinya dan kita semua.

“Seseorang menghibur: bodoh itu masih lebih baik. Daripada seorang yang tidak pernah tahu apa yang dia tidak tahu; dan tidak pernah mau tahu,” tulisnya

Foto: twitter.com/susipudjiastuti

Komisioner Komnas HAM Sindir Menteri Susi: Orang Bodoh Juga Bisa Tenggelamkan Kapal

Sebelumnya, Anggota Komnas HAM Natalius Pigai menyoroti cara kerja Menteri Susi. Menurut Pigai, kalau cuma meledakkan kapan, semua orang juga bisa melakukannya.

“Kebijakan yang salah, tidak berorientasi di sektor laut, lebih kepada menenggelamkan malam, orang bodoh juga bisa,” ungkap Pigai di Gedung Joeang 45, Jakarta, Minggu (30/4/2017).

“Orang kampung kalau dikasih granat juga bisa tenggelamkan sampan-sampan sampai kapal,” sindir Pigai

Menurut Pigai, mestinya Menteri Susi fokus saja pada pertumbuhan ekonomi dan kontribusi sektor perikanan daripada hanya menenggelamkan kapal.

Selain itu, Pigai juga menilai sektor perikanan di bawah kepemimpinan Menteri Susi sangat buruk. Kebijakan yang Pigai nilai salah adalah soal pelarangan nelayan menggunakan cantrang.

Baca selengkapnya: Sindir Menteri Susi, Komisioner Komnas HAM: Orang Bodoh pun Bisa Tenggelamkan Kapal

 

Artikel Lain