Pemerintahan

Kementerian Kesehatan Harus Lebih Perhatikan Tenaga Medis untuk Ibu Hamil

Sebagai negara yang sedang berkembang, Indonesia memiliki sejumlah masalah yang terbilang sangat kompleks. Hal ini sangat wajar, mengingat sejumlah negara lainnya yang sedang berkembang juga seringkali mengalami masalah yang sama. Inilah tantangan sebuah negara yang sedang berkembang, di mana pada beberapa bagian SDM yang ada, kerap belum memadai untuk memberikan pelayanan pada masyarakat itu sendiri. Hal ini bisa saja menyebabkan berbagai kendala di dalam pelayanan masyarakat, bahkan untuk beberapa pelayanan yang paling vital sekalipun.

Bukan hanya terkait dengan masalah pangan dan juga pendidikan saja, namun masalah kesehatan juga menjadi salah satu hal yang paling sering dibahas dan menjadi sebuah pekerjaan rumah yang panjang bagi pihak pemerintah. Kesehatan masyarakat masih jauh dari kata memadai, sehingga hal ini selalu menjadi masalah serius yang pelik dan membutuhkan penanganan yang sangat kompleks. Bukan perkara gampang, untuk mengadakan dan mengupayakan layanan kesehatan yang baik bagi lebih dari 200 juta rakyat Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah nusantara.

Berbagai komponen di dalam pelayanan kesehatan memang sedang berbenah, sehingga wajar saja jika pelayanan kesehatan memang masih jauh dari kata layak. Beberapa wilayah bahkan belum memiliki sarana kesehatan sama sekali, bahkan tenaga kesehatan yang bisa memberikan berbagai penyuluhan penting terkait dengan standar pemeliharaan kesehatan yang baik bagi masyarakat itu sendiri. Minimnya informasi ini tentu menjadi sebuah hal yang patut disayangkan, mengingat untuk menjaga kesehatan masyarakat akan membutuhkan pelayanan atau bahkan sekedar pengetahuan pribadi yang memadai terkait dengan kesehatan itu sendiri.

Di antara sejumlah masalah kesehatan yang banyak terjadi, kematian ibu hamil dan melahirkan menjadi angka yang terbilang paling besar. Bukan hanya ibu hamil yang sedang hamil tua dan sedang menjelang kelahiran saja, usia kehamilan 2 bulan juga bisa menjadi salah satu pasien yang kerap membutuhkan pertolongan medis. Pada usia kandungan yang masih muda ini, kondisi ibu hamil 2 bulan juga janin di dalam kandungannya masih sangat rentan dan membutuhkan perawatan yang ekstra, termasuk tambahan vitamin dan asupan makanan bergizi. Hal-hal seperti inilah yang sangat perlu untuk diketahui oleh ibu yang akan atau sedang hamil, sehingga mereka bisa mengupayakan yang terbaik untuk dirinya sendiri dan juga janin yang sedang dikandungnya.

Jika ibu atau calon ibu memiliki berbagai informasi yang memadai terkait dengan kehamilan dan juga cara merawat kesehatan selama masa kehamilan hingga melahirkan, maka angka kematian ibu di Indonesia dapat ditekan dengan baik. Hal ini juga akan berdampak positif pada kesejahteraan keluarga yang bersangkutan, mengingat dampak kematian seorang ibu akan sangat buruk bagi sebuah keluarga.

Inilah yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi pihak Kementerian Kesehatan, sebab hingga kini angka kematian ibu di Indonesia memang terbilang masih sangat tinggi. Jika hal ini tidak ditangani dengan baik, maka masih akan banyak ibu-ibu lainnya yang akan kehilangan nyawa di saat melahirkan. Memberikan pendampingan sejak awal adalah langkah yang paling tepat bagi para calon ibu, sehingga mereka memiliki pemahaman yang baik dan berbagai hal yang penting untuk selalu diperhatikan selama masa kehamilan. Selain itu, ketersediaan tenaga medis di di berbagai wilayah, bahkan pedalaman sekalipun, akan sangat membantu masyarakat luas untuk tetap bisa hidup sehat dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan memadai.

 

Artikel Lain