Hankam

Panglima TNI Anggap Remeh Isu Keterlibatan Dirinya dalam Persekongkolan Makar

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

Jurnalpolitik.com – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menanggapi tulisan investigasi jurnalis Amerika Serikat Allan Nairn soal adanya dugaan makar terhadap Presiden Joko Widodo.

Dalam artikel yang dimuat di media online AS, The Intercept, berjudul ‘Trump’s Indonesian Allies in Bed with ISIS-Backed Militia Seeking to Oust Elected President‘ dan dipublikasikan kembali dalam bahasa Indonesia di situs Tirto.id dengan judul ‘Investigasi Allan Nairn: Ahok Hanyalah Dalih untuk Makar‘, Gatot disebut ikut andil dalam persekongkolan makar terhadap Presiden Jokowi.

“Saya tidak akan menanggapi. Karena terlalu kecil bagi saya untuk menanggapi itu. Itu hoax. Ngapain harus ditanggapi,” kata Gatot saat ditemui di GOR Ahmad Yani, Kompleks Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (22/4/2017).

Dan Gatot pun mengaku tidak akan ke membawa isu tersebut ranah hukum.

“Kalau tanya sama saya hal yang kecil kayak begitu, ya ngapain harus gitu (melapor). Biar media saja yang cari informasinya ya. Kalau saya, ngapain,” ujar Gatot.

“Kalau saya harus mengajukan hukum dengan yang kecil-kecil kayak gitu, itu kan terlalu rendah,” kata dia.

Gatot bahkan menilai tidak ada gunanya menanggapi pemberitaan semacam itu. Hal itu, menurut Gatot, Sama saja seperti berkelahi dengan orang tidak waras.

“Itu sama saja dengan kamu berkelahi sama orang gila. Ya mau menang juga kamu dibilang gila. Mau kalah juga dibilang gila. Begitu saja,” ujar Gatot.

Baca juga: TNI Berencana Gugat Situs Tirto.id Terkait Artikel Makar, Allan Nairn Menantang

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Wuryanto berencana mengambil langkah hukum terkait artikel investigasi yang dimuat web portal Tirto.id itu.

Mayjen Wuryanto menegaskan, artikel tersebut hoax. Dan ia pun menyayangkan pihak tirto.id tidak lebih dulu melakukan konfirmasi s‎ebelum mempublikasikannya.

“Beredarnya isu berita yang dimuat di media online tirto.id tanggal 19 April 2017 yang berjudul ‘Investigasi Allan Nairn : Ahok Hanyalah Dalih Untuk Makar’, adalah hoax,” kata Wuryanto di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (21/4).

Baca selengkapnya: TNI Bantah Artikel “Investigasi Allan Nairn: Ahok Hanyalah Dalih Untuk Makar” yang Dimuat Tirto.id

 

Artikel Lain