Pemerintahan

Hari Pertama Ahok Ngantor Setelah Cuti Kampanye, dari Laporan Sekda hingga Keluhan Warga

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tiba di Balai Kota DKI , Jumat (3/2/2017)

Jurnalpolitik.com – Jumat (3/2/2017) ini Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kembali aktif di Balai Kota DKI pasca-cuti kampanye Pilkada DKI 2017.

Tampak tidak ada sambutan khusus terhadap sang Gubernur. Bahkan, di hari pertama ini sudah ada saja warga yang mengantre untuk mengungkapkan keluhan dan aduannya.

Lihat di video berikut:

Sementara itu, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengungkapkan, ada beberapa hal yang hari ini ia laporkan kepada Ahok terkait anggaran.

“Saya akan sedikit laporan saja, kami kan ditinggal pada akhir tahun 2016, nah saya mau lapor tentang penyerapannya dan saya mau lapor juga soal anggaran 2017 yang sudah berjalan,” kata Saefullah di Balai Kota DKI.

Saefullah melaporkan tentang gaji para pekerja harian lepas yang sudah dibayar. Dia ingat tahun lalu Ahok pernah marah karena gaji PHL belum dibayar.

“Dulu kan dimarahin, ‘Itu keringat orang sudah kering belum dibayar’, sekarang belum keluar keringat sudah kami bayar,” ujar Saefullah.

Selain itu, Saefullah juga melaporkan soal perombakan pejabat DKI yang dilakukan pada awal Januari 2017.

Saefullah menyampaikan bahwa perombakan pejabat dilakukan secara transparan dan tanpa pungli. Saefullah menegaskan, semua pejabat dipilih dengan alasan tertentu yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Kalau di tempat lain ada permainan uang untuk sebuah jabatan, di sini di tingkat provinsi saya nyatakan clear, enggak ada Rp 1 pun untuk sebuah jabatan,” ucap Saefullah.

Ahok dan wakilnya, Djarot Saiful Hidayat kembali ke Balai Kota setelah selama kurang lebih empat bulan menjalani cuti kampanye.

Mereka digantikan oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur DKI. Sumarsono akan melepas jabatannya sebagai Plt Gubernur pada Sabtu (11/2/2017).

 

Artikel Lain