Pemilu, Pilkada

Agus Dibully di Media Sosial, Kali Ini Emaknya Turun Tangan

Jurnalpolitik.com – Dua kali calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono, absen pada debat publik yang diselenggarakan oleh media televisi nasional.

Agus beralasan, tidak hadirnya ia dalam debat tersebut karena itu bukan kewajiban selain debat resmi yang diselenggarakan KPU DKI.

Alasan lain ketidakhadirannya adalah, Agus memilih bertemu warga.

Acara debat pertama yang tidak dihadiri Agus adalah yang digelar di stasiun televisi Net TV, pada Jumat (9/12/2016).

Waktu itu, debat diselenggarakan khusus untuk calon gubernur saja.

Acara tersebut hanya hanya dihadiri oleh cagub Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Anies Baswedan. Sementara Agus memilih ziarah ke sebuah makam di Tambora, Jakarta Barat.

Dalam undangan debat di Kompas TV pada Kamis (15/12), Agus juga tidak hadir. Sebelum acara bertajuk “Rosi & Kandidat Pemimpin Jakarta” dan dimoderatori Rosiana Silalahi itu dimulai, Agus sudah memastikan tidak hadir.

Acara debat kali ini tidak hanya cagub saja yang diundang, melainkan cawagub DKI. Dan Agus bersama pasangannya Sylviana Murni kompak tak hadir.

debat-rosi

Agus memilih mengunjungi warga di Taman Sari, Jakarta Barat. Sedangkan Sylvi pada jadwalnya, di saat jam berlangsungnya debat, ada agenda di Jakarta Selatan.

Agus menyatakan, ia memilih tak hadir karena ingin menyibukan diri bersama masyarakat. Agus mengatakan, warga sudah menantikan kehadirannya.

“Saya tidak hadir, masih dengan rakyat. Saya masih di sini. Saya memilih untuk menyibukkan diri bersama rakyat, mendengarkan langsung aspirasi rakyat,” kata Agus.

Soal calon gubernur lain yang bersedia datang ke acara debat, Agus menyatakan itu pilihan masing-masing.

“Rakyat akan lebih feel comfortable untuk bersama dengan calon pemimpinnya dibandingkan mereka (warga) melihat sesuatu yang tidak ada maknanya buat mereka,” ujar Agus.

Baca: Tak Hadiri Debat, Agus: Itu Sesuatu yang Tidak Ada Maknanya Buat Rakyat

Kampanye calon gubernur DKI Agus Yudhoyono

Kampanye calon gubernur DKI Agus Yudhoyono

Bu Ani Membela

Ketidak hadiran Agus dalam dua debat tersebut kemudian mengundang banyak pertanyaan dari netizen di media sosial. Malah, tak sedikit netizen yang menyindirnya kalah sebelum berperang, bahkan banyak juga yang me-bully-nya.

Salah satu meme yang dibuat netizen mempersoalkan ketidakhadiran Agus pada acara debat

Salah satu meme yang dibuat netizen mempersoalkan ketidakhadiran Agus pada acara debat

Pagi ini, Jumat (16/12), istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono memposting foto-foto Agus saat sedang menemui warga Jakarta.

Foto itu ia posting pada akun Instagramnya, @aniyudhoyono, Jumat (16/12/2016).

“Temui sebanyak-banyaknya rakyat Jakarta untuk menyerap aspirasi mereka,” tulisnya pada keterangan foto.

Pada postingannya itu, ada netizen yang menanyakan kenapa Agus tak hadir dalam debat yang diselenggarakan oleh media.

Sang ibunda pun kemudian menjawab komentar tersebut dan membela anak sulungnya.

Ini alasan yang ia sampaikan.

aniyudhoyono: @fitri_alawiyah Bukan keharusan utk datang pada debat yg diselenggarakan oleh TV swasta. Yg harus itu nanti Debat yg diadakan oleh KPUD, lembaga yg resmi, ibarat ujian nasional, kalau tidak hadir di debat resmi bisa tidak lulus. Debat2 lain sama dgn try out, bisa hadir bisa tidak. Agus dan Sylvi memilih ketemu sebanyak2nya rakyat Jakarta untuk menyerap aspirasi mereka. Masing2 calon punya strategi sendiri.

Pertanyaan itu kembali ditanyakan oleh netizen lainnya.

Bahkan ia mengatakan kalau ketidak hadiran Agus itu malah membuatnya jadi dibully.

kanayabalitour: Selamat Pagi Ibu Ani @aniyudhoyono saya masyarakat dari Bali mau Menanyakan kenapa Bapak Agus tidak ikut dalam Acara Debat di Televisi kemarin,saya kaget waktu menonton debat kemaren cuman ada 2 pasangan Saja.Alangkah baiknya jika bp agus menghadiri acara tersebut,karena saya liat di beberapa media sosial bpk agus di bully terus menerus.terimkasih

Lalu dijawab lagi oleh Ani.

aniyudhoyono: @kanayabalitour Coba dischroll ke atas, sudah ada jawaban saya. Mbak/ mas tinggal di Bali ya? Memang sebagai tokoh politik AHY

aniyudhoyono: @kanayabalitour Sebagai tokoh politik AHY sering dibully. Biarkan saja, mungkin memang pekerjaan mereka membully orang. Yg penting AHY tidak pernah membully orang lain.

 

Artikel Lain