Pemerintahan

Bahkan Polri pun Kaget Jokowi Putuskan Salat Bersama Massa Aksi 212

Jurnalpolitik.com – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Kombes Rikwanto mengaku terkejut dengan keputusan Presiden Joko Widodo ikut hadir dan melaksanakan salat Jumat bersama peserta Aksi Bela Islam III di Monas.

“Yang paling mengejutkan adalah Bapak Presiden, Bapak Wapres, dan beberapa menteri ikut dalam kegiatan itu. Ini surprise dan hasilnya baik,” kata Rikwanto di Mabes Polri, Jumat (2/12).

Sebelum salat dimulai, Jokowi berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Monas. Ia datang bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan beberapa pejabat negara lain.

Hujan deras yang mengguyur kawasan Monas tak menyurutkan niat Jokowi bergabung dengan peserta Aksi Bela Islam III. Sepanjang perjalanan, Jokowi mendapat pengawalan ketat Pasukan Pengamanan Presiden.

5

Rikwanto juga mengapresiasi aksi yang berjalan aman dan damai itu. Ia menyebut peserta aksi dapat mengikuti komando yang diberikan oleh para ulama dan menjalani tausiyah dengan khusyuk.

Aksi Bela Islam III berakhir pukul 13.00 WIB atau setelah salat Jumat berakhir. Meski demikian, masih terdapat sejumlah massa yang bertahan di monas untuk sekedar menghabiskan waktu.

jokowi

Jokowi shalat Jumat bersama para peserta aksi 2 Desember. (Foto: Bagus Prihantoro/detikcom)

Rikwanto mengatakan, kepolisian dapat memaklumi hal tersebut. Polisi juga disebut akan terus berjaga hingga semua massa kembali ke daerahnya.

Selain itu, Rikwanto memastikan kepulangan peserta aksi akan berlangsung aman.

“Kami pastikan kalau memang kesepakatannya dijalankan betul, kami yakin akan aman sampai kembali ke daerah masing-masing,” ucapnya.

(wis/obs/CNN Indonesia)

 

Artikel Lain