Pemerintahan

Soni Sumarsono Ditetapkan jadi Pengganti Sementara Gubernur DKI, Ahok Mengaku Puas

Soni Sumarsono
Plt Gubernur DKI Soni Sumarsono. (Foto: Ari Saputra/detikcom)

Jurnalpolitik.com – Menteri Dalam Negeri (Mendgari) ‎Tjahjo Kumolo menetapkan Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri, DR Soni Sumarsono, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta.

Peresmian Plt Gubernur berlangsung di Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2016), ditandai dengan penyerahan nota pengantar tugas dari Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama ke Mendagri. Selanjutnya penyerahan nota pengantar tugas dari Mendgari ke Plt Gubernur DKI.

“Surat Keputusan Mendagri Nomor 121.31-1014/ 2016 tentang penunjukan Plt Gubernur DKI, Mendagri menunjuk dan menugaskan, DR Sumarsono, Dirjen Otda sebagai Plt Gubernur DKI dari 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Sesditjan Otda) Anselmus Tan, membacakan SK Mendagri.

Dalam SK disebutkan, kepada Sumarsono diberikan fasilitas dan hak keuangan sesuai perundang-undangan sebagai Plt Gubernur.

Masa jabatan baru akan berakhir setelah Gubernur DKI petahan Basuki Tjahaja Purnama dan Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat selesai menjalani masa cuti, untuk mengikuti kampanye pelaksanaan pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

“Plt memiliki tugas memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan, memelihat ketentraman, ketertiban masyarakat dan memfasilitas pelaksanaan pilkada, seta menjaga netralitas PNS,” ujar Ansel saat membacakan SK pengangkatan Sumarsono.

Selain itu, Plt kata Ansel‎, juga berwenang menandatangani APBD dan melakukan pengisian penggantian pejabat. Namun hal tersebut harus dilakukan atas seizin Mendagri.

Tanggapan Ahok

Usai dibacakan keputusan menteri, Ahok yang didampingi oleh Djarot Saiful Hidayat memberikan pidato. Ahok mengaku baru pertama kali bertemu dengan Soni saat peresmian Plt di Kementerian Dalam Negeri ini.

“Saya pertama kali ketemu Pak Soni Sumarsono. Kalau dilihat dari foto, kurang baik ya. Ternyata orangnya baik. Pak Mendagri pilihnya enggak salah. Cuma lihat saja kalau di foto kurang baik,” canda Ahok dalam pidatonya.

“Tadinya mau pilih Pak Sekda (Saefullah), tapi dia sibuk kayaknya,” lanjut Ahok yang disambut gelak tawa.

Dalam pidatonya, Ahok juga mengungkapkan bahwa Soni merupakan sosok yang tepat untuk mengisi posisi Plt Gubernur DKI. Dia menilai Soni telah berpengalaman dan dapat memimpin jalannya pemerintahan DKI selama sekitar empat bulan, mulai 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017.

“Beliau sangat pengalaman. Lebih pengalaman daripada kami. Dan kami harap bisa menyusun anggaran tepat waktu. Ada beberapa PR (Pekerjaan Rumah) yang mungkin nanti akan kita sampaikan,” kata Ahok.

Selama menjabat sebagai Plt Gubernur DKI, Soni memiliki tugas dan wewenang yakni mengawal dan menyukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak 2017, menangani proses penyusunan APBD Tahun Anggaran 2017, menata organisasi perangkat daerah, pengisian personel sesuai SOTK dan melaksanakan tugas pemerintah sehari-hari.

Tuliskan Pendapat Anda

Powered by Facebook Comments

Lainnya