Nasional, Pemerintahan

Arcandra Tahar Akan Kembali Jabat Menteri ESDM?

Arcandra Tahar
Arcandra Tahar dan keluarga

Jurnalpolitik.com – Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo mengungkapkan, Presiden sudah mengantongi nama-nama calon menteri ESDM.

“Yang pasti nama-nama sudah ada. Itu masih digodok Presiden,” ujar Johan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Johan tidak membeberkan lebih rinci soal nama-nama calon menteri ESDM itu. Namun, ia tidak menampik bahwa ada nama Arcandra Tahar.

“Ada usulan, termasuk Arcandra Tahar,” ujar Johan.

(Baca: Ruhut: Arcandra Manusia Langka, Akan Kuangkat Kembali jika Aku Presiden…)

Johan juga tidak mengungkapkan kapan Presiden akan melantik menteri ESDM yang baru. Meski demikian, Presiden sudah mengatakan bahwa pelantikan akan dilakukan secepatnya.

“Kalau dari bahasa Presiden, secepatnya. Nah, cepat itu kan relatif, bisa besok, bisa juga seminggu lagi, atau kapan,” ujar Johan.

(Baca: Soal Diskresi untuk Kewarganegaraan Arcandra Tahar, Fadli Zon: Menkumhamnya Belajar Hukum di Mana Itu?)

Hampir dua bulan tugas menteri ESDM dipegang pelaksana tugas, yakni Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Arcandra diberhentikan dengan hormat setelah tersangkut masalah kewarganegaraan. Ia diketahui memegang paspor Amerika Serikat.

Belakangan, setelah melakukan analisis, pemerintah memutuskan bahwa Arcandra berstatus warga negara Indonesia.

(Baca: Fahri Hamzah Pertanyakan kenapa Arcandra Begitu Diistimewakan)

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM tanggal 1 September 2016. Pascaputusan tersebut, pro dan kontra mengenai pengangkatan kembali Arcandra sebagai menteri ESDM muncul.

 

Artikel Lain