Nasional, Pemilu, Pilkada

Soal Kemacetan di Jakarta, Anies Singgung Banyaknya Kendaraan Pribadi dan Mahalnya Tarif Transportasi Umum

anies baswedan
Anies usai menaiki ojek online di kawasan Manggarai

Jurnalpolitik.com – Bakal Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemarin, Minggu (9/10/2016), blusukan ke Kampung Magesen, Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan, untuk menyapa warga di sana. (Baca: Anies Blusukan ke Manggarai dengan Ojek Online, Warga: Anies yang Mana ya?)

Selain menyapa dan mendekatkan diri dengan masyarakat, kesempatan itu juga Anies pergunakan untuk mendengarkan beberapa keluhan dan pertanyaan warga. Salah satu warga, Lady, menceritakan perjalanannya dari rumah di Kampung Magesen ke tempat kerja di Thamrin City. Dia selalu terjebak macet meskipun menggunakan ojek. Dia menanyakan solusi Anies untuk mengatasi kemacetan di Jakarta.

“Saya mau tanya Pak Anies, solusi Bapak untuk kemacetan Jakarta apa?” tanya Lady.

Anies menjelaskan, kemacetan di Jakarta terjadi karena jumlah kendaraan lebih banyak dibandingkan dengan panjang jalan yang ada. Menurut dia, jumlah kendaraan tersebut harus dikurangi.

“Kami membuat orang mau naik angkutan bersama-sama. Angkutan umumnya harus dibuat nyaman dan harganya terjangkau,” kata Anies.

Anies Baswedan

Anies Baswedan kunjungi permukiman warga Manggarai.

Dia menyebutkan, mahalnya harga transportasi umum tidak akan membuat warga berpindah dari kendaraan pribadi meskipun nyaman, begitu juga sebaliknya.

“Kita harus meningkatkan kualitas kendaraan umum di Jakarta. Bukan hanya busway, tapi angkutan umum lain juga,” tuturnya.

Pada Pilkada 2017, Anies berpasangan dengan bakal calon wakil gubernur DKI Sandiaga Uno. Keduanya diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

 

Artikel Lain