Hukum, Nasional

Umpatan hingga Teriakan ‘Lu Orang Gila Ya!’ untuk Ahok dari Pengacara ACTA Warnai Sidang MK

habib novel
Habib Novel. (Foto: Niken Purnamasari/detikcom)

Jurnalpolitik.com – Kata-kata umpatan berhamburan dari mulut anggota Tim Advokasi Cinta Tanah Air (ACTA) Novel Bamukmin kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pasca-sidang di Mahkamah Konstitusi (MK). Bahkan, pria yang akrab disapa Habib Novel itu sempat menyebut Ahok ‘orang gila’.

Sebagaimana dilaporkan detikcom, peristiwa itu terjadi ketika Ahok sudah di luar ruang sidang MK. Ketika Ahok sedang meladeni pertanyaan dari para wartawan, tiba-tiba teriakan keras dari Novel yang ditujukan untuk Ahok pun terdengar.

“Ahok lu gila lu ya, ayat suci dimainin,” teriak Novel sambil menunjuk-nunjuk Ahok di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (6/10/2016).

Politikus Gerindra Habiburokhman saat itu langsung menggiring Novel agar tidak terjadi keributan yang berlebih.
“Sudah, sudah, amanin dulu itu, nanti lapor ke Bawaslu saja,” ujar Habiburokhman.

Ahok yang mendengar teriakan tersebut sempat terdiam sejenak dan melihat ke arah Novel. Bahkan, salah satu staf Ahok yakni Rian Ernest pun tampak emosi dan meminta petugas keamanan menangkap orang tersebut.

“Tangkep tu! Tangkep tu! Ambil KTP-nya!” teriak Rian emosi.

Namun, Ahok tak terpancing emosi dan tetap melanjutkan wawancara dengan para wartawan. Novel pun langsung diamankan oleh petugas keamanan MK.

Ketika Novel dibawa turun dari lantai 2 gedung MK, ia masih mengoceh di depan awak media. “Kita tantang sampai dimana itu gubernur gila,” kata Novel.

Ia tidak terima dengan ucapan Ahok yang dinilai menghina kitab suci Al Quran, surat Al Maidah ayat 51, saat di Kepulauan Seribu.

Diketahui, Ahok mengatakan rela apabila warga tidak memilih dirinya pada Pilkada Jakarta 2017. Terlebih jika warga yang beragama Islam, berpedoman pada kitab suci Al Quran, dalam bersikap saat menentukan pemimpin. (Baca: Benarkah Ahok Sebut Surat Al Maidah Bohong? Ini Video Lengkapnya)

 

Artikel Lain