Hukum, Nasional

Pernah Usulkan Hukuman Mati bagi Koruptor, Irman Gusman Justru Kena OTT KPK

Ketua DPD RI Irman Gusman
Ketua DPD RI Irman Gusman

Jurnalpolitik.com – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman, dikabarkan terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Sabtu (17/9/2016) dini hari.

Informasi yang didapat dari sumber di KPK, penangkapan dilakukan di sebuah tempat di Jakarta semalam. Anggota DPD itu tengah menerima suap dari seorang pengusaha. (Baca: Terkait OTT KPK, Ketua DPD RI Irman Gusman Bantah Telah Menerima Suap)

Menelusuri jejaknya dulu, Irman Gusman ternyata dikenal sebagi sosok yang getol untuk menyuarakan penguatan KPK.

Siapa sangka kalau memang benar dan terkuak saat konpers nanti bahwa kabar tersebut benar adanya. Ia ditangkap oleh lembaga yang sebelumnya ia dukung dengan penuh antusiasme.

Irman Dukung hukuman mati bagi koruptor

Tahun 2015 di acara Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK), Irman Gusman bahkan berikan pernyataan tentang kemajuan Filipina dalam hal penegakan korupsi.

Saat itu ia pun berharap KPK menjadi ujung tombak dan didukung serta diperkuat.

Irman Gusman pernah hadir dalam kegiatan Festival Antikorupsi Bandung 2015 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/12/2015) lalu.

Pada kesempatan itu ia berpendapat jika korupsi itu kejahatan yang luar biasa dan dapat membuat peradaban manusia hancur.

Menurutnya, diperlukan hukuman berat bagi para koruptor.

Seperti halnya di Cina, jika koruptor dihukum mati sebagai efek jera.

“Kalau diperlukan kenapa tidak,” ujar Irman.

Ia menilai penegak hukum di Indonesia harus memberikan hukum tegas dengan peraturan perundang-undangan yang ada saat ini.

Namun, kata Irman, yang terpenting dalam pemberantasan korupsi, yakni upaya pencegahan. Selain itu masyarakat Indonesia perlu memiliki budaya bersih, jujur, dan terbuka. Hal itu bisa dilakukan sejak dini dan dilakukan di lingkungan keluarga serta sekitar.

“Keteladanan juga penting. Langkah sederhananya, mari kita mulai dari kita, terutama bersyukur,” ujar Irman.

Irman mengaku datang dalam acara festival antikorupsi untuk menunjukkan komitmennya terhadap pemberantasan korupsi.

Ia menyebut, siapapun tak boleh mundur untuk memberantas kejahatan tersebut. “Mari bangun negeri yang bersih dari korupsi, sehat, dan pintar menuju Indonesia hebat,” kata Irman.

Baca juga: Kronologi OTT Irman Gusman oleh KPK Versi Keluarga

 

Artikel Lain