Nasional, Pemilu, Pilkada

Aria Bima Minta Teman Ahok Sadar Diri, Suksesnya Ahok karena PDI-P, Bukan Relawan

Politisi PDIP Aria Bima

Jurnalpolitik.com – Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Aria Bima menyindir pengumpulan 900.000 data KTP oleh relawan Teman Ahok untuk mendukung Basuki Tjahaja Purnama maju pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Menurut dia, keberhasilan itu berkat usaha PDI-P mengusung Basuki pada Pilkada DKI Jakarta 2012. Hingga akhirnya, Basuki menjadi Wakil Gubernur dan Gubernur DKI Jakarta.

“Dulu Pilkada 2012 kan enggak ada relawan. Yang sekarang teriak-teriak relawan, suruh usung Ahok (Basuki) pas Pilkada 2012. Bisa enggak?” kata Aria, saat ditemui di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/6/2016) malam.

“Nah, Teman Ahok suruh usung Ahok (pada Pilkada) 2012 bisa enggak? Enggak bisa,” kata Aria.

Aria mengatakan, pada Pilkada 2012 lalu, Basuki diusung oleh PDI-P bersama Partai Gerindra. Saat itu, elektabilitas pasangan Joko Widodo dan Basuki hanya 12 persen. Sementara pesaingnya, petahana Fauzi Bowo mendapat elektabilitas hingga 53 persen. Namun akhirnya PDI-P berani mengusung pasangan Jokowi-Basuki.

“Suksesnya Ahok karena PDI-P. Terus mereka (Teman Ahok) ngambil gitu aja, enggak usah bangga lah,” kata Aria.

Aria menyebut ratusan ribu data KTP itu tidak akan terkumpul jika dilakukan pada Pilkada tahun 2012 lalu.

“Iyo, Teman Ahok bisa kumpulkan 900.000 (data) KTP ini berkat (diusung) PDI-P. Kalau KTP kekumpulnya pas (Pilkada) 2012, hebat banget, saya apresiasi. Kalau sekarang, Ahok petahana kan jadi durian runtuh (buat Teman Ahok),” kata Aria.

Rencananya Basuki akan maju independen berpasangan dengan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Teman Ahok menargetkan pengumpulan data KTP hingga satu juta.

Artikel Lain