Dunia

Pidato di Markas PBB, Menteri Susi Dorong Dunia Internasional Serius Tangani Kejahatan Perikanan

Foto: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berpidato dalam sidang sesi ke-25 CCPCJ (Asydhad/detikcom)

Jurnalpolitik.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi ketua delegasi Indonesia dalam sidang sesi ke-25 Commission on Crime Prevention and Criminal Justice (CCPCJ). Susi pidato mengenai tema terorisme, namun dia juga memaparkan detail soal kejahatan perikanan. Susi meminta dunia internasional serius memperhatikan isu kejahatan perikanan ini.

Sidang CCPCJ ini dibuka Senin (23/5/2016) pukul 10.00 di ruang Plennary, Vienna International Centre, markas Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Wina. Sidang dibuka oleh Executive Director UNODC, dilanjutkan dengan pembacaan statemen dari kelompok regional, dan pembicara tingkat menteri untuk menyampaikan statemen nasional.

Agenda CCPCJ terdiri dari tiga hal, yaitu sesi pleno (pembukaan dan diskusi tematik), pembahasan rancangan resolusi, dan side event. Tema CCPCJ kali ini adalah “Criminal justice responses to prevent and counter terrorism in all its forms and manifestations, including the financing of terrorism, and technical assistance in support of the implementation of relevant international conventions and protocols.”

Ruang Plennary dipenuhi para delegasi banyak negara saat sidang berlangsung. Sebagian besar negara mengirim menteri atau wakil menteri kehakiman sebagai ketua delegasinya, karena tema utama sesi ke-25 CCPCJ kali ini memang tentang peradilan kejahatan terkait terorisme.

Foto: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berpidato dalam sidang sesi ke-25 CCPCJ (Foto: Asydhad/detikcom)

Foto: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berpidato dalam sidang sesi ke-25 CCPCJ (Foto: Asydhad/detikcom)

Menarik buat Indonesia, karena mengirim Susi Pudjiastuti sebagai ketua delegasi. Tidak hanya Indonesia, Norwegia yang merupakan mitra Indonesia dalam upaya mendorong kejahatan perikanan sebagai kejahatan trans-nasional terorganisir (transnational organized crime/TOC) juga mengirimkan Wakil Menteri Perikanan Ronny Berg sebagai pimpinan delegasi. Meski begitu, dalam forum ini, Susi didampingi oleh Dubes RI di Wina yang sekaligus Wakil Tetap RI di PBB Rachmat Budiman, Koordinator Satgas 115 Mas Achmad Santosa, perwakilan Kejaksaan Agung, dan perwakilan Bareskrim Polri.

Artikel Lain